Saturday, January 21, 2017

Bagaimana Menyiapkan dan Menghitung Biaya Umroh


Ibadah umroh adalah impian banyak muslim, khususnya  muslim di Indonesia. Lokasinya yang jauh menjadi pertimbangan kita untuk menyiapkan dan menghitung biaya umroh yang tak sedikit. Namun, sepatutnya kita tetap merencanakan dan menyiapkan diri. Mengunjungi kota Mekkah untuk berumroh ini dapat dilakukan beberapa kali dalam hidup kita. Waktu pelaksanaannya pun tak terikat oleh waktu, bisa kapan saja, kecuali pada hari-hari yang dimakruhkan seperti hari Arafah, Nahar, dan Tasyriq.


Seiring dengan maraknya masyarakat yang ingin beribadah umroh ini, bermunculan pula biro-biro perjalanan dan pariwisata yang memberikan layanan paket Umroh. Layanan ini memudahkan kita dalam hal persiapan dan proses ibadah umroh. Misalnya pada sebuah biro perjalanan yang bermarkas di Bandung, mereka memiliki beragam paket Umroh. Pada paket umroh regular silver mereka, fasilitas yang diberikan diantaranya: hotel di Madinah dan di Mekah, Pesawat sekelas Etihad/Emirates/Garuda Indonesia, dan Fasilitas lainnya. Dengan beragam fasilitas ini, artinya pekerjaan kita mengurus kebutuhan dalam proses Umroh nanti menjadi lebih ringan dibandingkan dengan kita mengurus semuanya sendirian.

Saya pribadi pun berniat beribadah umroh, meskipun saat ini belum ada dana. Dan tak ada salahnya kita mempersiapkannya, mencoba mencari tahu apa saja biaya yang akan muncul saat kita melaksanaan umroh. Kebetulan saya memiliki seorang teman di sebuah biro perjalanan Umroh dan wisata. Beliau bernama Said Rahman, yang Insya Allah ia juga akan umroh pada waktu dekat. Menurut beliau, ibadah umroh-nya sendiri, sebenarnya gratis alias tidak memerlukan biaya. Tapi yang menjadikan kita harus menyiapkan dana adalah karena akomodasi perjalanan, hotel, tiket pesawat, biaya proses persiapan sebelum berangkat, perlengkapan umroh, dan lainnya.

Dari pembicaraan dengan Bang Said dan hasil browsing saya tentang pengalaman orang berumroh. Berikut adalah daftar biaya Umroh yang saya buat. Semoga bisa memberikan gambaran rincian apa saja yang dibutuhkan, sehingga kita bisa menyiapkan budget biaya atau dana jauh-jauh hari. Besarnya biaya umroh ini bisa juga untuk dijadikan dasar budget menabung untuk anda persiapkan.

Untuk memudahkan dalam menghitungnya. Saya akan membaginya menjadi 4 kelompok kegiatan:
1. Proses Sebelum Mendaftar Umroh
2. Proses Pendaftaran di Biro Perjalanan
3. Saat Pelaksanaan Umroh
4. Proses Pulang ke rumah





A. Biaya yang Muncul Sebelum Proses  Mendaftar Umroh

1. Mengurus Passpor
Membuat passport umroh sama saja seperti membuat passpor biasa. Bagi kita yang sudah memilikinya, kita hanya mengecek masa berlaku passport kita. Masa berlaku yang harus dipenuhi oleh calon jamaah umroh adalah minimal 7 bulan pada saat entri visa. Jika masih berlaku, artinya tak perlu lagi mengurus pembuatan passport ke kantor imigrasi. Jika sudah kadaluarsa, kita bisa membuatnya secara online di website imigrasi (www.imigrasi.co.id). Dokumen yang diperlukan untuk diunggah adalah hasil scan KTP, KK, serta akta kelahiran/ijazah/buku nikah. Nanti kita akan dapat jadwal hadir ke kantor imigrasi untuk sesi wawancara, photo, dll. 
Selain masa berlaku yang habis, ada persyaratan lain yang harus kita penuhi. Yakni nama kita di passport harus terdiri dari 3 kata. Jika nama kita di passport belum 3 kata, kita harus mengurusnya untuk melakukan penambahan nama.
Biaya pembuatan passport biasa (48 halaman) di kantor imigrasi ini bertarif 350rb. 
Siapkan juga ongkos transportasi ke sana, materai dan berkas copy, besarnya ongkos transport bergantung pada lokasi rumah Anda ke kantor imigrasi, tapi kita bisa budgetkan misalnya 150rb. Asumsi jarak rumah 20 km dari rumah menggunakan jasa taksi online.
Total = 500 ribu.

2. Menyiapkan Foto Berkas Salinan Dokumen
Foto dan berkas Salinan dokumen diantaranya: Pas photo, photo close up, Salinan KTP, KK, Buku Nikah, dan Akta Lahir. Berkas-berkas Salinan ini nanti akan banyak dibutuhkan sebagai pelengkap pembuatan passport, suntik meningitis dan dokumen pendaftaran umroh di biro perjalanan.
Budget Foto, biaya fotocopy dan berkas, beli amplop, dll: 150 ribu. 

3. Vaksin Meningitis
Pemerintah Arab Saudi mewajibkan kepada para calon jamaah untuk melakukan suntik vaksin meningitis. Meningitis adalah radang selaput otak yang disebabkan oleh infeksi dan mikroorganisme. Penyakit ini bersifat menular, oleh sebab itu kegiatan haji dan umroh dimana berkumpulnya jamaah dari belahan dunia menjadi wajib untuk dilakukan..
Pelaksanaan suntik vaksin ini jika di Jakarta bisa Kantor-kantor kesehatan Pelabuhan Tanjung Priuk, Sunda kelapa, Marunda. Lalu di kantor kesehatan bandara Soekarno – Hatta dan Halim. Bisa juga di rumah sakit umum Fatmawati dan Persahabatan.
Syarat untuk suntik dan mendapatkan kartu kuning yakni dengan membawa: Fotokopi passpor dengan jumlah nama pemilik terdiri dari 3 kata, fotokopi KTP, dan pas photo.
Berdasarkan pengalaman yang sudah vaksin, Biaya vaksin ini adalah sebesar 300-400 ribu. Kita sepakati budget untuk 400 ribu ya. Ongkos ke kantor kesehatan 300 ribu asumsi menggunakan taksi.
Total budget vaksin adalah 700 ribu.













Persiapan Mental dan Rohani
Selain ketiga biaya di atas ada hal yang seharusnya jauh-jauh hari sudah dipersiapkan, yakni:

- Melunasi Tanggungan Hutang

“Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.” (HR. Tirmidzi no. 1078)

- Mengembalikan barang milik orang lain yang diperoleh dengan cara haram
“Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)” (HR. Muslim no. 224)

- Menyiapkan nafkah untuk keluarga yang ditinggal
Hal penting lainnya adalah meninggalkan biaya hidup untuk orang di rumah yang ditinggalkan. Khusus untuk panduan membuat budget nafkah keluarga yang ditinggal, anda bisa membaca tulisan saya mengenai anggaran keluarga di blog ini.

- Mengemblaikan barang titipan ke tangan yang sah
Jika di rumah ada barang temuan, kita wajib mengembalikannya. Apabila pemilik barang tidak ditemukan, harus diniatkan suatu saat akan dikembalikan kepadanya.



Budget untuk keempat bagian ini tidak bisa saya tentukan, hanya Anda yang bisa menghitungnya sendiri. Karena setiap individu memiliki kondisi berbeda, apakah berhutang atau tidak, berapa hutangnya, lalu berapa biaya makan keluarga yang ditinggalkan di rumah, tiap orang berbeda pula.
Dari semua proses sebelum mendaftar Umroh ke Biro perjalanan ini total biaya yang dibudget-kan adalah sebesar Rp. 1.350.000 atau satu juta tiga ratus ribu rupiah.


B. Biaya Saat Pendaftara Ibadah Umroh di Biro Perjalanan

1. Biaya Paket Umroh
Setelah Anda sudah yakin dengan biro perjalanan umroh pilihan Anda. Kenali berbagai macam paket umroh-nya. Di sini, saya akan mengambil contoh biro perjalanan rekan saya, bang Said. Paket umroh termurah di bironya adalah paket silver. Fasilitas yang diberikan diantaranya: hotel Anjum di Madinah, hotel Al Majidi di Mekah, Pesawat sekelas Etihad/Emirates/Garuda Indonesia, dan Fasilitas lainnya seperti: Visa, Akomodasi, Guide, City Tour, Air Zam Zam 5 liter.
Paket ini dibanderol dengan harga USD 1.750 atau jika dirupiahkan dengan rate 13.400 jumlahnya adalah sebesar Rp. 23.450.000 atau Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah.

2. Biaya Perlengkapan Umroh
Banyak biro perjalanan yang juga memberikan tawaran paket perlengkapan. Saya akan coba menghitungnya dengan asumsi mengambil paket umroh di biro yang sama dengan di atas. Biro Bang Said, memberikat paket perlengkapan umroh dengan rincian perlengkapan sebagai berikut:
- Airport Tax, Lounge, dan Handling Bandara
- Transportasi menuju Bandara pulang – pergi
- Tas Koper dan tas paspor
- Buku panduan/doa dan
- Identitas (Card, bagasi, kantong)
- Kain Ihram dan sabuk untuk laki-laki
- Mukena dan Kerudung untuk perempuan
- Seragam batik

Biaya paket perlengkapan umroh ini dibayar terpisah dengan paket Umroh sebelumnya. Tarif-nya sekitar 1,3 - 1,5 juta per orang. Kita ambil saja budget tertinggi untuk paket perlengkapan ini yakni sebesar Rp. 1.500.000 atau Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah.

Mari kita teliti daftar perlengkapan di atas. Dari perlengkapan yang telah disediakan oleh biro ini, kita cek adakah perlengkapan yang bersifat umum atau pribadi yang belum masuk daftar dan harus dibawa saat umroh nati? Berdasarkan pengalaman orang yang telah menjalankan umroh, berikut adalah perlengkapan lain selain perlengkapan di atas untuk jamaah laki-laki:
- Celana Panjang  dan Baju Takwa 2 stel
- Sarung 2 buah
- Kaos Oblong 2 atau 3 buah
- Jaket 1 buah, biasanya digunakan saat udara dingin di bandara international yang bersuhu dingin.
- Alat Cukur (Shaver, bukan silet)
- Sandal 1 pasang
- Keperluan Mandi
- Obat-obatan pribadi
- Masker
- Sandal dan kantong plastik untuk wadahnya
- kacamata hitam pelindung sinar matahari (jika diperlukan)
- Handphone, charger, powerbank, colokan 3 lubang.
- Paket Internet untuk menghubungi keluarga di rumah, bisa diaktifkan sebelum berangkat, di suatu provider juga ada paket khusu untuk umroh.



Untuk hitungan berapa nilai budget perlengkapan pribadi silahkan anda buat sendiri sesuai dengan kenyamanan barang yang biasa anda pakai atau beli. Beberapa perlengkapan tentunya  yang sudah anda miliki, jika sudah mungkin anda bisa memilahnya barang mana yang harus beli baru atau barang mana yang tidak usah dibeli lagi. 

Sedangkan perlengkapan tambahan untuk jamaah wanita, anda bisa membuat daftarnya sendiri tak jauh dengan perkiraan daftar di atas. Atau jika Anda mengikutsertakan Anak dalam ibadah umroh, bisa juga membuatnya dengan mengacu daftar di atas.


C. Biaya yang Muncul Saat Pelaksanaan Umroh

Saat berada di masjidil haram, bawalah uang secukupnya untuk sedekah. Jangan terlalu banyak membawa uang dan barang. Jika anda membawa anak balita, ada baiknya anda menyewa kursi roda saat thawaf. Agar anak anda terasa nyaman. Namun hati-hati dengan tarif jasa penyewaan kursi roda ini, tariff resmi dari dewan pengurus masjid adalah 50-75 Real. Di sini saya tidak akan membuat budget sewa kursi roda, karena asumsi nya adalah kita menghitung budget biaya umroh untuk 1 orang jamaah saja.

Untuk berbelanja di sana kita bisa menggunakan uang real, bisa juga menggunakan uang rupiah pecahan 50 rb dan 100 rb. Rupanya, Hal ini  bisa karena orang Indonesia sudah terkenal suka berbelanja di sana. Budget untuk belanja ini saya serahkan ke anda masing-masing yah. Tapi ingat, jangan lupa menawar yah.

Biasanya ketika anda berbelanja kemungkinan anda akan membutuhkan taksi, jika iya, cobalah untuk tidak sendirian. Sehingga anda bisa sharing ongkos taksi, dan yang terpenting anda akan lebih merasa aman karena ada teman-teman anda.

Tips dari orang yang sudah pergi ke tanah suci. Saat anda bosan dengan makanan hotel dan ingin mencoba makanan di luar. Cobalah untuk tidak asal mencoba makanan baru yang belum tentu cocok dengan perut anda. Di sekitar masjid nabawi juga terdapat banyak sajian masakan Indonesia. Restoran cepat saji juga banyak terdapat di sekitar Masjidil Haram. Alternatif lain, Anda bisa mencari toko roti dan food court di sekitar Masjid Haram.

Soal Laundry. Laundry di Mekkah terbilang cukup mahal menurut orang yang sudah pergi kesana. Jadi alangkah baiknya untuk pakaian anda cuci, dan keringkan menggunakan blower hotel, atau dengan sinar matahari saat di hotel. Sedikit tips dari jamaah yang pernah kesana, ada baiknya jika anda membeli celana dalam yang sekali pakai saja, sehingga praktis dan tidak diribetkan dengan urusan cuci mencuci pakaian dalam.

Hati-hati dengan pemakaian telepon. Roaming international terbilang mahal, per menit bisa 30rb. Gunakanlah paket internet yang sudah diaktifkan, saat ini sudah banyak aplikasi untuk menelpon via jaringan internet seperti whatsapp, bbm, line, dll.



Untuk semua biaya di atas, Silahkan anda buat budget-nya sesuai dengan kondisi anda masing-masing. Jangan lupa juga budget perlengkapan pribadi di poin sebelumnya untuk Anda buatkan juga.


D. Biaya Saat Pulang Ke Tanah Air

Siap-siap jika bagasi kita melebihi dari standar, kita mesti perhitungkan adanya biaya tambahan atas kelebihan bagasi. Standar berat koper atau bagasi adalah 32 kg. Jika lebih dari berat tersebut, terpaksa harus dibongkar dan dikirm melalui jasa cargo. Jika ada proses bongkar muatan menjelang take off pesawat, tentu hal ini menghambat penerbangan.



Saat Tiba di tanah air juga siapkan budget untuk mengisi bensin bagi keluarga yang menjemput kita.



Total Budget Biaya Berangkat Umroh

Dari hasil perhitungan di atas kita bisa kumpulkan datanya adalah sbb:



Grand Total budget biaya umroh untuk 1 jamaah umroh adalah sebesar Rp. 26.300.000 atau Dua Puluh Enam Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah di luar biaya perlengkapan pribadi, belanja dan biaya pribadi saat di Tanah Suci.


Tips Agar Hemat Beribadah Umroh
1. Saat memilih biro perjalanan, setelah anda sudah yakin dengan biro perjalanan tersebut. Saya sarankan hubungi agennya untuk mendapatkan tariff khusus dengan paket yang sama. Biasanya agen biro perjalanan menawarkan harga yang lebih rendah disbanding dengan tariff jika kita datang langsung ke kantor biro perjalanannya.


2. Saat berada di Tanah Suci, biasakan membawa uang secukupnya saat keluar hotel agar tak tergoda belanja. Berbelanjalah saat ibadah haji telah selesai. Harga Barang akan turun dibandingkan saat pelaksanaan wukuf. Ingat juga harga barang-barang di Mekkah lebih murah disbanding di kota Madinah. Bawa catatan belanja yang anda telah buat di rumah. Dan jangan lupa tetap menawar.
3. Gunakan paket internet data untuk berkomunikasi dengan keluarga di tanah air.
4. Berdasarkan tips dari pembimbing travel, Jika memiliki uang dalam USD tukarlah di  uang kita di tanah suci daripada kita menukar saat masih di Indonesia.
5. Saat menyewa taksi, sepakati dulu ongkosnya.


Silahkan download excel perhitungan budgetnya di bawah ini, dan semoga bermanfaat:

https://drive.google.com/file/d/0B7nCVCQ11bgUakY0aDlXQllsMXc/view?usp=sharing





Sumber:
- Republika.co.id (untuk info bagasi dan kelebihan muat)
- Bang Said Rahman (Agen Biro Perjalanan) Konsultasi via whatsapp.
- Xtour.co.id (untuk info paket umroh)
- Gomuslim.co.id (untuk info data sewa kursi roda)
- Padmagz.com (untuk info tips saat di tanah haji)
- Travelhajiumroh.web.id (untuk info tempat vaksin meningitis)

6 comments:

  1. Thank you Wawan. Ini panduan budget lengkap banget. Top dah 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dah jadi narasumber, bang.. 😁

      Delete
  2. Alhamdulillah keren lengkap bgt.. Panduannnya. . . semoga kita bisa umroh bareng yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih bang Afri.. Aamiin.😊

      Delete
  3. Replies
    1. Thanks juga dah mampir Pak Untung... Jagoexcel.

      Delete